Kembali lagi dengan tulisan saya yang membahas tentang manusia.. kali ini saya akan membahas tentang Manusia dan Keadilan, pertama mari kita deskripsikan manusia itu apa si? Manusia adalah makhluk ciptaan TUHAN  yang paling sempurna dan pengertian manusia secara umum adalah manusia sebagai makhluk pribadi dan makhluk sosial. dan apa si yang dimaksud dengan keadilan? Keadilan  pada hakikatnya adalah memperlakukan seseorang atau pihak lain sesuai dengan haknya. Yang menjadi hak setiap orang adalah diakui dan diperlakukan sesuai dengan harkat dan martabatnya, yang sama derajatnya.

       Baiklah, lalu apa hubungannya manusia dengan keadilan? jelas ada dan sangat berhubungan sekali, dimana manusia di planet bumi ini tidak lagi semua memperoleh keadilan. banyak manusia yang tidak mendapatkan keadilan karena banyak hal. wah kalo seperti ini namanya tidak adil dong. bayangkan saja hanya mereka yang memiliki kedudukan, hanya mereka yang memiliki nama, hanya mereka yang memiliki uang $_$, dan hanya mereka yang menengah keatas baru mendapatkan keadilan, sungguh ironi kejadian seperti ini. Banyak masyarakat di bumi ini yang membutuhkan keadilan yang sama, mereka juga perlu perlindungan yang sama seperti mereka yang punya kriteria diatas, apakah Dunia saat ini sudah tidak mementingkan keadilan lagi untuk semua orang yang ada di muka bumi ini? atau hanya orang-orang tertentu sajakah yang dapat memperolehnya? pertanyaan-pertanyaan diatas dapat terjawab oleh kita sendiri, dengan bagaimana keadaan dunia saat ini. Perang dimana-mana, banyak penyiksaan terjadi, banyak perampasan hak-hak orang miskin, dan banyak sekali hal kriminal yang terjadi. Namu pemerintah tidak bisa berbuat banyak, karena mereka tidak lagi melihat akan keadilan melainkan mereka melihat siapa yang melakukan itu? jika dia orang berduit ya sudah keadilan pasti hanya sebagai ucapan belaka dan tidak terlaksana dengan semestinya tapi jika orang yang melakukannya masyarakat menengah kebawah? apa mungkin hal yang sama terjadi. apa keadilan baru ditegakkan hanya untuk mereka orang menengah kebawah yang melakukan kesalahan? dan bukan mereka yang punya duit dan melakukan kesalahan?

        Kita sebagai generasi muda, harus bangkit dan maju untuk menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan yang ada. Tidak pandang bulu, siapapun yang melakukan pelanggaran harus diadili dan tidak ada lagi tuh yang namanya ada Uang keadilanpun bisa dimainkan. tegakkan hukum setegak-tegaknya adil dan makmur tak pandang bulu!

Semangat generasi muda untuk menegakkan keadilan !!!

thanks udah berkunjung to RicoSamuel`s Blog🙂

GBU