Ya.. sudah tidak asing lagi kita melihat atau mendengar dari kata copy dan paste yang berarti menyalin dan menempel sesuatu tanpa ribet, Budaya Copy Paste sudah banyak terjadi didunia teknologi khususnya di jaringan yang berbasis menggunakan Internet. Memang cara singkat yang hanya memencet tombol ctrl+c(Copy) => ctrl+v(Paste) semua informasi bisa kita peroleh atau memiliki dengan cepat. Timbulnya kebudayaan kopi-mengkopi di Negara kita saat ini khususnya sudah merajalela, banyak informasi-informasi yang kita dapatkan melalui browsing di Internet dan tentu yang lebih parahnya lagi kita mengatasnamakan tulisan atau informasi tersebut atas nama kita atau ciptaan kita sendiri.

 

Hal ini sangatlah merugikan bagi penulis atau pembuat tulisan yang di kopi oleh para Konsumen dunia maya belakangan ini. Bahkan contohnya banyak situs-situs web resmi yang memberikan informasi secara terbuka tapi di manfaatkan oleh para blogger yang tidak bertanggung jawab dan mereka hanya bisa mengkopi tulisan dari situs-situs web yang memberikan informasi, sebut saja Wikipedia. Banyak informasi yang diberikan disana tapi mengapa banyak ditemukan tulisan yang serupa di blog/web tetangga? Ya kita sendiri bisa menjawabnya.

Untuk dari itu kita sebagai generasi muda penerus bangsa yang baik, kita harus junjung tinggi nilai kebenaran yang ada. Karena dengan mengkopi-paste tulisan tanpa izin dari pembuat tulisan tersebut merupakan perbuatan yang tidak baik dan merugikan tentunya! Mari kita junjung tinggi nilai saling menghargai karya orang yang telah dibuat atau dipublikasikan dengan cara tidak mengkopi sembarangan.