Post Thumbnail of PES 2010Seperti yang diduga para komentator dan penggemar seri Winning Eleven (WE) sebelumnya, Konami akan merilis versi berikutnya dari game favorit mereka ini dengan nama Pro Evolution Soccer 2010 (PES 2010). Seperti versi sebelumnya, bintang muda asal Argentina yang bermain di FC Barcelona, Lionel Messi, kembali terpilih sebagai endorsement untuk game ini.Namun siapa yang menyangka bahwa PES 2010 akan diluncurkan Konami kuartal ketiga tahun 209, sekitar bulan Agustus – September – November tahun ini. Berdasarkan masukan dan pertimbangan mendalam lainnya, Konami akan menerbitkan PES 2010 dalam untuk console PS2, PS3, XBOX 360, PSP, dan bahkan untuk PC (komputer) berbasis Windows. Hanya untuk console Nintendo Wii saja yang belum ada kepastiannya.

Versi PES 2010 ini diyakini akan menjadi terobosan spektakuler di dunia gaming sepakbola. Hal ini dipertegas dengan tindakan Konami yang telah membentuk tim khusus yaitu PES Productions, yang terdiri dari beberapa tim kecil yang dikhususkan untuk mengembangkan bagian-bagian spesifik dari PES versi sebelumnya. Tidak hanya itu saja, tim ini telah mengumpulkan masukan-masukan dari beberapa pihak luar meliputi fans, pemain-pemain PES, dan kritikus game untuk mencari titik perkembangan baru.

Grafis Visual

PES 2010 telah menginovasi penampilan grafis dari berbagai segi, dimulai dari animasi pergerakan pemain khususnya trademarkselebrasi ketika mencetak gol yang dibuat menyerupai pemain aslinya sampai ke ekspresi dari pemain tersebut. Stadium dibuat lebih detil sampai ke rumput, penonton, pencahayaan dan elemen lainnya. Boleh dikata, pandangan gamer bahwa grafis game bola konami yang biasa-biasa aja dibanding FIFA soccer mungkin dapat berubah draktis nantinya.

Animasi Baru

Pergerakan dari pemain telah terintegrasi dimana dribble dan shots on goal menjadi satu kesatuan. Skill individual dikembangkan lebih jauh dengan melibatkan beberapa gerakan dan tipuan baru yang membuat permainan semakin menarik. Tidak hanya itu saja, animasi visual dari dribble, pergerakan pemain dan gerakan menendang bola telah dikembangkan lebih jauh menjadi beberapa variasi. Kecepatan operan bola telah dibedakan ketika pemain diam dan ketika pemain sedang berlari.

Atmosfir Pertandingan

Reaksi penonton terhadap permainan lebih bervariatif, dengan yell yell dan irama baru. Pada pertandingan, terdapat perbedaan signifikan pada reaksi supporter terhadap suatu tim ketika bermain sebagai tamu atau tuan rumah, dan ini terlihat jelas saat terjadi pelanggaran atau terciptanya suatu gol. Komentator pun diperbaiki dengan komentar-komentar yang emosional, lebih menyerupai versi WE dengan komentator bahasa Jepangnya.

Gameplay

Berbeda dari perkembangan sebelumnya, PES 2010 difokuskan untuk suasana dogfight antar pemain. Pertandingan akan dipenuhi dengan intensitas duel antar pemain dalam bertahan dan menyerang, dan hal ini diyakini akan menjadi trademark game ini. Sistem pertahanan akan berubah, dimana sistem zone defense diperbaiki sehingga dengan sendirinya dapat menutup ruang-ruang kosong. Impact dari penggunaan strategy menjadi lebih signifikan dan pemain akan diminta untuk lebih responsif dengan meningkatkan kecepatan gameplay.

Artificial Intelegence (AI)

Di semua game bola, boleh dikata Artificial Intelegence (AI)( kecerdasan dalam bertindak dari pemain-pemain yang dikendalikan komputer) memegang peranan sangat penting dan hal ini menjadi fokus perkembangan utama dari PES 2010 ini. Kiper akan dibuat menjadi lebih lincah, dan tidak sekaku versi sebelumnya. Isu yang beredar adalah tentang wasit, dimana Konami akan membuat wasit lebih banyak ikut andil di permainan, tidak hanya sebuah karakter yang berlari-lari saja di lapangan.

Pemain tengah dan bertahan sekarang bekerja sama dalam menutup celah kosong dan mundur bertahan. PES 2010 menjajikan dimana dalam menyusun serangan, beberapa pemain dapat digerakan bersamaan, menuju ke area-area kosong untuk menciptakan alternatif serangan.

Dalama situasi bola-bola mati seperti tendangan bebas, tidak hanya pihak bertahan saja, tapi pihak penyerang yang akan menendang bola dapat memerintahkan pemain-pemain di dalam kotak pinalti untuk melakukan pergerakan. Jadi pihak penyerang tidak hanya hanya menentukan arah dan kekuatan tendangan saja. Dengan adanya perkembangan AI ini, maka pemain akan lebih diminta bermain strategis memanfaatkan semua pemain di lapangan.

Pergerakan Pemain

Pada versi PES sebelumnya, boleh dikatakan pegerakan pemain dalam tim sepenuhnya tergantung dari formasi yang dipakai. PES 2010 menggunakan sistem baru dimana statistik kecenderungan menyerang dan bertahan dari masing-masing individu akan berpengaruh besar. Tidak hanya itu saja, beberapa kemampuan spesial dari pemain akan mempengaruhi pergerakan temannya. Sebagai contoh, ketika pemain yang spesialis umpan silang sedang membawa bola, otomatis teman-temannya akan berusaha masuk ke kotak pinalti mencari posisi menerima umpan.

Online Update dan License

PES 2010 menjanjikan lebih banyak update yang dapat didownload sesuai sejalan dengan waktu seperti adanya transfer update dan perubahan statistik pemain.

Konami memperat hubungan dengan UEFA dan memastikan PES 2010 menjadi satu-satunya video games yang boleh menggunakan lisensi Liga Eropa atau dikenal dengan UEFA Cup. Bisa jadi keberadaan UEFA Champions League di PES 2010 menjadi nilai jual baru yang belum pernah kita dapatkan sebelumnya.

Dalam konferensi pers seputar rencana peluncuran PES 2010 ini, Naoya Hatsumi, Producer dari PES Productions di Konami Digital Entertainment Japan berkomentari:

“Kami telah memantau masukan dan komentar dari seri PES sebelumnya untuk beberapa waktu, dan sekarang PES 2010 akan memperlihatkan bahwa kami telah menggunakanbanyak ide-ide yang telah diharapkan oleh para pemain”

“Kami berusaha membuat PES 2010 lebih user friendly dan secara langsung memberikan suatu nuansa yang membuat orang terikat langsung dengan permainan, dimana hal ini yang membuat seri ini terkenal. PES 2010 akan terlihat lebih baik, lebih enak dimainkan dan membuat permainan sepakbola seperti aslinya dan hanya teknologi hardware saja yang membatasinya”


http://evolution-soccer.com/index.php/PES-2010/PES2010.html